NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Nov 2023 08:17 - Honda DAW Community

Mayoritas sepeda motor modern sudah menggunakan jenis ban tubeless atau ban tanpa tambahan ban dalam. Meski dinilai praktis, penggunaan ban jenis ini juga punya kelemahan.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan soal ban tubeless pada motor.
 
Pertama dilihat dari jenis penggunaan pentil untuk jalur masuk angin, itu kalau pakai yang karet dia lebih awet ketimbang yang besi,

Penggunaan pentil besi menurut memiliki masa pakai yang relatif pendek. Sebab, pentil jenis ini punya potensi berkarat sehingga menyebabkan angin merembes.

Pinggirnya itu bisa karena kotor jadi berkarat, jadi kalau masih pentil besi ini saat ganti ban sebaiknya ganti juga dengan bahan yang karet.

Selain dari pentil, rembesnya angin juga diakibatkan dari kondisi velg itu sendiri. Kalau velg kondisinya peyang, apalagi pinggirannya itu juga bisa potensi angin rembes keluar dari samping.

Di samping itu, masalah lain pada ban tubeless adalah penanganan saat terjadi bocor. Ia mengingatkan jangan melakukan penambalan pada titik yang sama lebih dari tiga kali 
 
Apabila teknik mencambalnya kurang bagus itu juga bisa rembes, rata-rata tubeless itu paling banyak tiga tambalan itu juga harus diganti.
RELATED
NEWS