NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Apr 2023 09:04 - Honda DAW Community

Honda adalah salah satu pabrikan motor asal Jepang yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Dan bahkan, negara kita menjadi salah satu pemasaran kendaraan Honda yang paling besar, dimana banyak sekali produk terbaru mereka yang jarang absen di negara kita, baik itu mobil maupun  motor. Honda BeAT eSP adalah salah satu motor matic yang dijual dengan harga terjangkau dan memiliki performa ngibrit. Dimana motor yang satu ini menjadi pilihan banyak orang karena bodinya yang ramping dan memiliki mesin yang bandel.

Namun sebagai kendaraan bermotor, Honda BeAT eSP ini tidak luput dari kerusakan, salah satunya adalah tiba-tiba tidak bisa distarter secara mendadak. Tentu anda akan mengalami kebingungan jika motor Honda BeAT eSP yang anda miliki mendadak tidak bisa di starter seperti ini. Apalagi kebetulan jika saat itu kita sedang sibuk dan buru-buru seperti mau berangkat kerja ataupun kuliah, maka hal ini bisa membuat rencana kita bakal berantakan nanti.

Memang didalam motor disediakan pula Kick Starter sebagai salah satu solusi yang bisa kita andalkan, akan tetapi masalahnya jika kick starter ini jarang sekali kita gunakan, maka bakalan macet dan tidak bisa menyala, yang ada kaki malah pegal karena harus menyalakan mesin dengan kaki berulang kali.

Masalah Honda BeAT eSP Tidak Bisa Distarter

Lantas apakah sebenarnya yang menjadi penyebab utama Honda BeAT eSP ini tidak bisa di starter secara mendadak? Menurut Ibrahim alias Baim yang berasal dari Bengkel D-Garage Tanjung Priok, mengatakan jika ada beberapa penyebab kenapa motor Honda BeAT eSP anda tidak bisa distarter secara mendadak.

Masalah yang paling umum dan utama bisa disebabkan karena aki yang tekor. Namun jika kebetulan Aki yang anda miliki ini masih sehat atau normal, maka ada masalah lain yang harus anda pahami. Perlu anda tahu, jika Honda BeAT yang starter sudah ACG, dan bisa jadi masalah utamanya terdapat pada sistem ACG Itu sendiri.

Cara Mengatasi Honda BeAT eSP Tidak Bisa Distarter

Nah untuk mengatasi Honda BeAT eSP yang mendadak tidak bisa di starter ini, maka silahkan anda bongkar area kipas magnet yang berada di dekat area knalpot untuk memastikannya. Hal ini dikarenakan bisa jadi ada kotoran yang banyak menempel disana, soket yang kendur, atauun adanya kabel yang terkelupas.

Jika memang kotor, maka anda bisa coba membersihkannya dengan menggunakan air kompresor, lal silahkan pasang dan coba silahkan nyalakan kembali motor Honda BeAT eSP anda. Biasanya dengan cara yang sederhana itu motor anda bisa menyala kembali, jika komponen ACG yang memutar kruk as hanya kotor saja.

Segampang itu kah? Tentu tidak, coba sebelumnya anda perhatikan secara seksama, perhatikan pada bagian soket dan kabelnya pastikan tidak ada yang mengalami kendur ataupun terkelupas. Jika soket motor Honda BeAT eSP anda kendur, maka silahka langsung saja coba kencangkan dan coba kembali gunakan starternya.

Begitupun jika ada kabel yang terkelupas, silahkan anda isolasi untuk menyambungkannya kembali. Dan jika cara diatas ini masih membuat motor Honda BeAT eSP anda tidak bisa menyala, maka sudah saatnya membawanya ke bengkal untuk memastikannya.

Nah mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kami tentang cara mengatasi motor Honda BeAT eSP mendadak tidak bisa di starter kali ini. Semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda.

RELATED
NEWS