NEWS
DETAILS
Minggu, 30 Jan 2022 12:44 - Honda DAW Community

Kampas rem motor atau brake pads adalah salah satu komponen dalam sistem pengereman sepeda motor yang berfungsi untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.

Kampas rem motor punya peran penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Kelalaian dalam pemeriksaan dan perawatan kampas rem, bisa berakibat fatal. Pasalnya, rem merupakan salah satu komponen penunjang keselamatan berkendara.

Karena itu, penting bagi setiap pengendara untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motornya secara menyeluruh sehingga bagian kampas rem motor pun mendapat perhatian dan perawatan yang tepat.

Jika tak ada waktu untuk melakukan perawatan sendiri, kalian bisa memanfaatkan layanan bengkel Honda yaitu service di rumah. Sehingga kalian tak perlu datang ke bengkel AHASS tapi mekanik Honda datang ke tempat kalian.

Berikut tips merawat kampas rem motor:

Rajin Dibersihkan

Cara pertama paling sederhana merawat kampas rem motor adalah dengan membersihkan sistem pengereman secara rutin. 

Kotoran yang dibiarkan lama menempel pada sistem rem khususnya di area kampas rem akan mengganggu efektivitas kinerjanya. Selain itu, pasir dan kerikil halus yang menempel bisa menggores dinding kampas dan cakram.

Cuci dengan air bersih dan pastikan tak adalagi debu, pasir dan kotoran lain yang menempel pada kaliper dan pin fleksiblenya.Ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata.

Perhatikan Jarak Kampas Rem Dengan Cakram

Pastikan kampas rem motor memiliki jarak bebas dengan cakram. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan yang terus menerus antara dua komponen tersebut meski tuas rem tak digunakan.

Gesekan yang terjadi terus menerus antara cakram dan kampas rem akan membuat cakram dan kampas hangus. Dampaknya, rem bisa tak berfungsi secara normal.

Lumasi Laher atau Bearing

Pelumasan yang baik pada laher bertujuan untuk menghindari terjadinya keausan pada laher yang membuat ban oleng. Kondisi tersebut bisa membuat cakram bersinggungan dengan kampas rem selama roda berputar. 

Selain riding jadi tak nyaman, jika dibiarkan dalam waktu lama bisa mengakibatkan kampas rem cepat aus.

Rutin Periksa dan Ganti Minyak Rem

Gantilah minyak rem secara rutin tiap 20.000 KM atau sesuai buku petunjuk penggunaan. Selain itu, pastikan volume minyak rem di dalam tabung reservoir berada dalam batas normal.

Ketika minyak rem dalam kondisi bagus, kerja rem akan optimal dan kampas rem motor akan lebih awet.

RELATED
NEWS