NEWS
DETAILS
Jumat, 30 Dec 2022 09:04 - Honda DAW Community

Oli Mesin adalah bagian komponen penting dalam mesin motor, Oli adalah zat yang berfungsi untuk melumasi mesin agar komponen pada mesin dapat bekerja dengan baik dan maksimal tanpa gangguan atau macet. Selain itu pelumas atau oli mesin berfunsi juga sebagai pendingin dan mengawetkan usia pakai komponen pada mesin. Banyaknya ragam dan macam oli mesin yang beredar di kalangan dunia otomotif bergantung pada penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat. Karena pentingnya penggunaan oli dalam mesin dan sangat berpengaruh besar dalam kinerja mesin ini, sehingga sangat di anjurkan untuk menggunakan oli yang sudah di anjurkan oleh produsen/merk mesin itu sendiri.

Dalam memilih oli harus memperhatikan satu unsur kandungan oli yang terkandung karena berkaitan dengan seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Sehingga tipe oli di buat menyesuaikan kapasitas dan kinerja mesin.  Fungsi Oli pada mesin sangatlah penting, karena itu harus sangat diperhatikan menggunakan oli yang sesuai dan asli.

Penggunaan oli yang kurang tepat dapat mengakibatkan kinerja mesin kurang optimal serta tidak mampu memberikan proteksi maksimal pada mesin. Selain itu juga mengakibatkan mesin cepat panas dan penggunaan bahan bakar menjadi boros yang akan sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Supaya tidak salah pilih oli untuk mesin kendaraan motor kesayangan anda, berikut 5 perbedaan oli mesin asli dan palsu :

1. Barcode

Untuk perbedaan yang pertama bisa dilihat pada kemasan tutup oli yang mempunyai barcode. Memang tidak semua oli resmi terdapat barcode, namun apabila pada saat pembelian oli terdapat barcode bisa langsung scan barcode tersebut sampai muncul situs resmi AHM. Sedangkan pada oli palsu, barcode tidak bisa di scan atau eror.

2. Kemasan pada oli

2. Kemasan pada oli

Perbedaan kedua ada pada cetakan label atau gambar. Pada kemasan oli mesin yang asli terlihat lebih tajam dan jelas sedangkan pada oli palsu cetakan label cenderung pudar dan kurang tajam.

3. Tutup Oli

Perbedaan ketiga ada pada bagian penutup kemasan. Oli yang asli lebih sulit dan keras saat dibuka, sedangkan oli palsu pada bagian penutup lebih mudah di buka.

4. Warna Oli

Perbedaan ketiga antara oli asli dan oli palsu ada pada warna. Oli mesin asli akan terlihat lebih cerah dan bersih pada oli palsu warna terlihat lebih pekat dan keruh.

5. Tekstur Cairan

Perbedaan terakhir yaiut cairan oli mesin asli lebih kental. Kekentalan ini sangat berpengaruh untuk menambah kinerja mesin semakin maksimal. Sedangkan oli palsu tekstur oli lebih padat dan keruh sehingga akan berpangaruh pada kinerja mesin motor.

 

Jadi jangan salah pilih oli ya demi kenyamanan anda saat berkendara dan menjaga keawetan mesin motor.

RELATED
NEWS