NEWS
DETAILS
Senin, 30 Oct 2023 09:02 - Honda DAW Community

Knalpot yang menyemburkan asap berwarna menjadi tanda awal adanya kerusakan pada beberapa komponen mesin motor. Penyebab keluarnya asap dari knalpot motor ini juga beragam, tergantung warna dari asap tersebut.

 

Asap yang keluar dari knalpot motor bermasalah umumnya ada dua warna yakni putih atau hitam. Keduanya berasal dari sebab yang berbeda, namun sumber masalahnya tetap sama yakni berasal dari ruang pembakaran mesin (combustion chamber).

 

Keluarnya asap warna putih dari mulut knalpot motor dikarenakan adanya oli yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Sedangkan asap hitam disebabkan karena detonasi akibat pembakaran BBM yang tidak optimal.

 

Dari dua problem tersebut, masalah keluar asap hitam relatif masih cukup ringan untuk ditangani. Keluarnya asap hitam biasanya karena pemilik motor keliru menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tak ideal.

 

Misalnya, motor matic yang seharusnya diisi BBM dengan oktan 92, diisi dengan BBM oktan 98. Untuk memperbaikinya, cukup bagian mesin dibersihkan dan jangan lagi menggunakan BBM dengan oktan yang tak kurang tepat untuk spesifikasi mesin.

 

Sementara untuk memperbaiki keluarnya asap putih dari knalpot motor cukup merepotkan. Hal ini karena penyebab utamanya pasti berkaitan dengan kebocoran atau kerusakan pada komponen mesin.

Ini juga menjadi salah satu akibat terlambat ganti oli sehingga pelumasan mesin tidak maksimal. Sehingga komponen seperti piston, klep, dan logam lainnya akan bergesekan dan bisa mengalami kebocoran.

 

Untuk memperbaiki keluarnya asap putih dari knalpot, perlu dilakukan pembongkaran mesin dan pemeriksaan menyeluruh. Komponen yang sudah rusak harus diganti total karena sudah tidak prima lagi. Komponen yang biasanya rusak untuk masalah ini seperti klep seal, packing head, seher, dan sejenisnya.

RELATED
NEWS