NEWS
DETAILS
Jumat, 30 Dec 2022 07:53 - Honda DAW Community

aat kita mengendarai sepeda motor wajib untuk menentukan posisi aman. Kita bisa memanfaatkan spion yang berfungsi untuk melihat kondisi di sekeliling kita, baik di belakang maupun di samping motor kita.

Namun seperti diketahui, kaca spion punya batasan untuk melihat atau biasanya disebut blind spot atau titik buta. Di mana, posisi kendaraan yang tidak bisa dijangkau mata pengendara dan spion standar kendaraan.

Di sini pula, sering pengendara menjadi kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan ukuran besar, seperti truk misalnya. Sehingga tanpa sadar pengendara berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara.

1. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

2. Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain. Jika belum paham, jangan sungkan bertanya pada teman . Mengetahi blind spot ini penting agar bisa memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara.

3. Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot .

4. Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Hindari penggunaan headset saat berkendara serta hindari memakai knalpot bising dan tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

5. Selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

6. Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada areablind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

7. Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.

emakin besar suatu kendaraan yang akan kita dahului, maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Untuk itu memahami posisi blindspot suatu kendaraan, penting untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

RELATED
NEWS