NEWS
DETAILS
Senin, 30 Jan 2023 09:49 - Honda DAW Community

Saat ini cuaca sedang sering turun hujan, namun aktifitas bermotor menggunakan Hondda CBR250RR kadang tidak bisa dihentikan, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika akan berkendara saat hujan.

1. Dimulai dari perlengkapan

Gunakanlah perlengkapan berkendara yang benar seperti jas hujan, helm, sepatu boots anti air dan perlengkapan pendukung lainnya. Jika memungkinkan, bisa menggunakan jaket tahan air agar mampu menahan angin.

2. Gunakan mode berkendara 'Comfort' pada Honda CBR250RR kamu

Dengan kondisi jalan yang basah, traksi pada roda tentu berkurang, untungnya Honda CBR250RR dilengkapi dengan mode berkendara berbeda yang bisa diseuaikan dengan kondisi jalan. Untuk kondisi hujan atau aspal basah, disarankan untuk mengaktifkan mode 'Comfort'.

Tujuannya adalah agar tenaga mesin yang tersalur ke roda lebih halus sehingga gejala selip roda belakang saat berakselerasi dapat diminimalisir.

Begitunya, kontrol pengendara tetap harus dijaga dengan cara tidak membuka throttle gas dengan disentak.

3. Pengereman harus lembut

Dengan berkurangnya traksi pada ban, maka pengereman pun harus dilakukan secara lembut agar tidak terjadi gejala roda mengunci, untuk pengguna CBR250RR yang dilengkapi ABS, tentu sangat membantu, namun tetap saja cara mengerem jangan disamakan ketika kondisi aspal kering.

4. Hindari Gendangan Air

Adanya genangan air dijalan juga menjadi ancaman besar pengendara motor. Genangan tersebut akan membuat kontak ban dengan aspal terganggu.

Selain itu ditakutkan dibawah genangan ait tersebut terdapat lubang pada aspal, baiknya genangan dihindari, kalaupun tidak bisa, lewati dengan kecepatan rendah.

Selamat mencoba.

RELATED
NEWS