NEWS
DETAILS
Kamis, 19 May 2022 15:02 - Honda DAW Community

Cara  Merawat Motor yang Sudah Lama Tidak Terpakai

 

Bagi Bro/Sis  yang jarang menggunakan sepeda motor Honda-nya dalam jangka waktu yang cukup lama, dikarenakan memilih untuk menggunakan transportasi yang lain.

Ada baiknya kalian mengikuti tips berikut ini agar kondisi motor kalian tetap prima pada saat kalian menggunakannya kembali.

 

1. Rutin memanaskan mesin kendaraan

Pemanasan pada mesin kendaraan perlu dilakukan karena seringkali, mesin motor yang jarang digunakan akan menjadi dingin. Untuk memperlancar oli yang sudah lama digunakan, strategi yang dapat dilakukan sangatlah mudah yaitu, menyalakan motor selama 3 sampai 5 menit agar motor dapat kembali pada suhu yang norma atau sesuai dengan standar.

2.Perhatikan bagian yang krusial

 Sebelum memutuskan untuk memakai motor, sebaiknya cek terlebih dahulu rantai, rem, serta bagian penting lainnya. Pasalnya, motor yang sudah lama tidak dipakai berpotensi mengalami kekeringan pada beberapa bagian, salah satunya rantai motor. Oleh karena itu, memastikan bagian motor sebelum digunakan sangat memengaruhi kualitas dalam berkendara

3.Perhatikan detail pada motor

 Pastikan sebelum berkendara, motor yang digunakan sudah diperiksa keadaannya. Motor yang sudah lama digunakan berpotensi pula menjadi sarang serangga. Hal ini berguna agar motor yang digunakan dalam keadaan bersih dan aman terkendali.

4.Gunakan standar tengah

 Penggunaan standar tengah pada saat motor matic diparkirkan, sangat berguna apalagi jika motor tersebut sudah jarang digunakan. Keuntungan lain penggunaan standar tengah ialah, mempermudah pemanasan pada motor. Sebab pada motor matic keluaran baru, standar samping biasanya digunakan untuk mencegah motor menyala saat diparkirkan.

5.Jangan lupa untuk mencuci sepeda motor

Motor yang sudah lama tidak digunakan biasanya, memiliki banyak debu di sekitar badan motor. Kondisi tersebut tentunya membuat motor kelihatan tidak segar, dan kusam. Maka dari itu, motor yang sudah lama digunakan disarankan untuk dicuci. Tidak hanya performa motor yang buruk, motor yang berdebu juga berpotensi pada kerusakan mesin ataupun rantai yang berkarat. Tidak harus mencuci motor di bengkel, motor yang berdebu dapat dicuci di rumah.

6.Hal Terpenting

Jangan lupa untuk melakukan perawatan motor secara berkala di AHASS ya. Hanya AHASS Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK