NEWS
DETAILS
Jumat, 28 Jan 2022 10:35 - Honda DAW Community

Laher motor atau bearing adalah komponen yang menghubungkan atau bantalan tromol dengan as roda. Dengan laher, roda bisa berputar dengan halus dan lancar.

Posisinya yang berada di bagian roda dan tak terlalu terlihat, laher motor nyaris jarang mendapat perhatian khusus. Padahal keberadaannya sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan laher secara rutin, supaya potensi terjadinya kerusakan pada komponen penghubung antara as roda dan tromol tersebut dapat dicegah.

Permasalahan yang muncul akibat kerusakan laher motor tak cuma menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tapi juga berpotensi menumbulkan bahaya. Karena jika laher bermasasalah atau rusak, ban akan terasa oleng dan motor akan sulit dikendalikan. Gejala oleng tersebut tak cuma dirasakan oleh pengendara saja, tapi juga penumpang belakang.

Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut langkah perawatan laher motor:

Goyangkan Roda Ke Kiri dan Ke Kanan

Lakukanlah pemeriksaan setiap 4000 KM atau sesuai buku panduan pemilik sepeda motor. Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan cara mengoyangkan ban ke kiri dan kanan. Jika roda terasa goyang atau oblak, maka lahermotorsudah rusak.

Perlu diketahui, laheryang rusak tidak bisa diperbaiki.Jadi bila mengalami kerusakan maka harus segara diganti dengan yang baru.

Turunkan Kecepatan

Jangan melintasi jalan rusak, speed trap, atau lubang di kecepatan tinggi, karena laher akan mendapat tekanan berlebih. Hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada bentuk dan tingkat presisi laher.

Jika itu terjadi, roda akan terasa oleng, pengendalian tak stabil dan stang sulit dibelokkan ke kiri dan ke kanan. Bukan cuma jadi tak nyaman, tapi juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Periksa Karet Tutup Pelindung

Jika mendapati karet tutup pelindung mulai getas atau rusak, ada baiknya segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk melakukan penggantian. Jika kondisi itu dibiarkan, laher motor berpotensi kemasukan debu dan air. Debu yang masuk bisa menggangu pergerakan bola baja dan air berpotensi membuat komponen cepat berkarat.

Gunakan Honda Genuine Part

Jika laher harus diganti, maka gunakanlah Honda Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. Ada baiknya lakukan penggantian di bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan langsung dari mekanik berpengalaman. Hal itu untuk mencegah terjadinya kesalahan pemasangan saat melakukan penggantian laher sendiri.

Karena jika terjadi kesalahan pemasangan akan membuat kondisi motor jadi makin parah dan biaya yang dikeluarkan tentu jadi lebih besar.

Jika kesibukan menjadi kendala untuk membawa motor ke bengkel AHASS terdekat, manfaatkanlah layanan Booking Service untuk memilih waktu kunjungan servis sesuai dengan jadwal luang Anda. Karena AHASS menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu. Anda bisa mendapatkan servis terbaik dari AHASS yang dilengkapi dengan prosedur dan alat kerja standard Honda Jepang.

RELATED
NEWS