NEWS
DETAILS
Sabtu, 28 Aug 2021 10:01 - Honda DAW Community

Keinginan mengendarai motor dengan cc besar pasti merupakan angan semua pehobi motor, apalagi dengan tren moge (motor gede) yang terus berkembang.

Ditambah dengan kemudahan untuk memiliki dan merawat moge yang ditawarkan oleh dealer serta bengkel resmi.

Instruktur Safety Riding Honda Big Bike Jawa Tengah (Jateng), Oke Destiyanto, menyebut selain dari adanya kebanggaan dan sensasi yang dirasakan dalam mengendarai moge, juga akan berbeda perlakuan pengendara ke sepeda motornya karena kemampuan tenaga dan kecepatannya.

Lantas berikut ini beberapa saran terutama untuk para pemula dalam mengenal dan mengendarai motor besar.

1. First Experience
Bagi pemula atau mereka yang pertama kali menggunakan motor besar (sepeda motor yang memiliki cc mulai dari 500 ke atas), disarankan untuk mengenal motor pertama kali dengan mendorong motor tersebut untuk berpindah ke depan, kanan dan kiri serta mundur ke belakang dengan kondisi mesin mati.

Hal ini sangat membantu mengenal motor dan mengontrolnya. Berlatihlah hingga terasa mudah memindahkannya.

2. Riding Posture
Ada 7 bagian yang harus diperhatikan dalam postur berkendara yang sesuai prosedur safety riding, yaitu: pandangan, bahu, siku, jemari, pinggul, lutut dan kaki.

Perlu diperhatikan bahwa riding posture untuk sepeda motor supersport jauh berbeda dengan tipe cruiser, sehingga dalam cara mengontrol motorpun berbeda.

3. Control & Skill Handling
Para pemula disarankan untuk mengenal lebih dahulu pengereman dan porsi gas dengan tenaga yang dihasilkan. Jika tenaga mesin besar bisa berlatih berkendara menggunakan tenaga mesin tanpa digas.

Kemudian berlatih untuk berbelok ke kanan dan kiri dari belokan besar hingga sempit dengan mulus. Perlu diketahui bahwa bobot moge yang lebih berat serta dimensi yang lebih besar membutuhkan ekstra kemampuan fisik kita dalam mengendalikannya.

4. Fall off (Terjatuh)
Jika pengendara terjatuh saat mengendarai moge, cara yang dapat digunakan untuk mendirikan kembali moge adalah dengan menggunakan lutut sebagai pengungkit dan punggung sebagai tumpuan untuk mendorong mundur motor agar bisa kembali berdiri.

Tentunya harus dipastikan side stand terpasang sehingga motor tidak ambruk ke arah sebaliknya.

5. Protection
Baik pengendara maupun kendaraan tentunya membutuhkan pelindungan yang baik agar terhindar dari kerugian yang besar jika terjadi musibah.

Pengendara bisa menggunakan protektor tubuh lengkap dengan kualitas yang baik, sedangkan moge juga perlu proteksi untuk melindungi komponen-komponen motor agar terhindar dari pecah atau rusak parah.

Oke Desiyanto juga menjelaskan bahwa karakter dasar motor, baik moge atau motor biasa adalah akan tegak berdiri jika digas, sehingga orang beranggapan dengan hanya mengegas sudah bisa dianggap memiliki ketrampilan, itu salah karena itu adalah karakter motor bukan ketrampilan pengendara.

“Jika Anda mengendalikan moge dengan gerakan yang masih kaku dan ragu, maka harus banyak berlatih mengendalikannya. Berlatihlah ditempat yang proper dan selalu #Cari_Aman dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap,” tutup Oke.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK