NEWS
DETAILS
Selasa, 16 Jun 2020 20:25 - Honda DAW Community

aat ini, seluruh masyarakat Indonesia dihimbau agar tidak sering melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini dianjurkan agar masyarakat tetap menerapkan Social Distancing dan physical distancing. Namun hal ini tidak lantas menjadi alasan untuk bermalas -malasan. Badan harus terus bergerak demi menjaga produktifitas diri sehingga selalu tetap sehat dan menjaga daya tahan tubuh.

Honda memberikan tips bagi para bikers agar dapat memanfaatkan waktu luang untuk selalu melakukan kegiatan positif, kegiatan yang bermanfaat dan menyehatkan seperti mencuci sepeda motor.

Hal ini penting untuk dilakukan karena ketika kita mencuci motor berarti kita merawat kendaraan yang digunakan sehingga meminimalisir penyebab terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan pada kendaraan sendiri.

Berikut tips mencuci motor yang baik dan benar

* Peralatan yang dibutuhkan :


1. Ember yang berukuran sedang
2. Sabun colek atau cair yang memiliki kemampuan menghilangkan lemak
3. Shampo khusus motor atau bisa juga shampo rambut
3. Spons bersih dan beberapa kain bersih dan kering.
4. Sumber air yang cukup, gunakan selang untuk membantu proses pembilasan nanti

*Teknik mencuci sepeda motor :

1. Sebelum mencuci, pastikan tempat mencuci nyaman bagi bikers dan posisikan motor di tempat yang stabil dan tidak licin.
2. Sebisa mungkin hindari mencuci di bawah terik matahari karena panas matahari bisa mempercepat proses pengeringan yang nantinya menimbulkan spot bekas air pada motor
3. Basahi terlebih dahulu permukaan motor, sangat dianjurkan untuk memulai pada bagian motor, seperti ban, velg, tromol dan spatbor luar dalam serta bagian luar cover mesin. Hilangkan kotoran yang menempel dengan kuas atau sikat, kemudian bilas, lalu tuntaskan nodanya hingga bersih dengan sabun.
4. Lanjut basahi bagian atas motor dengan air mengalir.
5. Larutkan shampo ke dalam ember. Ini untuk bodi motor pakai kain kecil untuk mengusapkan larusan tersebut di permukaan bodi motor.
6. Bilas hingga bersih dengan air mengalir sampai tidak ada bekas busa yang tertinggal. Kemudian bilas bagian bawah motor untuk memastikan tidak ada nota yang tertinggal
7. Keringkan bagian bodi motor dengan kain lembut yang telah disediakan. Pastikan kain dapat menyerap air supaya menghindari muncul bekas air di permukaan bodi motor.
8. Pastikan motor benar-benar kering dengan cara memiringkan ke kanan dan kiri sehingga sisa air yang terjebak di dalam bisa keluar.
9. Untuk bagian dalam mesin atau yang terdapat terminal kelistrikan, cukup diusap dengan kain sedikit basah hingga bersih.

Menurut Nur Alamsyah Rasman, Safety Riding PT. Daya Adicipta Wisesa, kegiatan mencuci motor bisa menjadi alternatif implementasi #cari_aman bahkan ketika #dirumahaja. Dengan mencuci motor, maka kita juga turut mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat faktor kendaraan karena kegiatan mencuci motor membuat kita lebih mengenal dan mengetahui kondisi kendaraan.

RELATED
NEWS