NEWS
DETAILS
Rabu, 02 Oct 2024 06:36 - Honda DAW Community

Manado – Sebagai pengendara sepeda motor, ada beberapa kebiasaan baik yang perlu di lakukan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Salah satunya adalah kebiasaan turun dari sepeda motor ketika mengisi bahan bakar. 

Bonny Pandelaki selaku Promotion Departmen Head PT. Daya Adicipta Wisesa menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa kita sebaiknya turun dari motor ketika mengisi bahan bakar. Berikut alasannya: 

Risiko kebakaran: Bensin adalah bahan mudah terbakar. Percikan api yang kecil saja akibat gesekan antara motor dan nozzle pompa bensin dapat memicu kebakaran.
Ledakan: Uap bensin yang mudah menguap dapat terbakar jika terkena sumber api.
Kecelakaan: Mengisi bensin sambil duduk di atas motor dapat menyebabkan motor tiba-tiba melaju jika tuas gas tidak sengaja tersentuh.
Aturan SPBU: Hampir semua SPBU memiliki peraturan yang mewajibkan pengendara untuk turun dari motor saat mengisi bensin demi keamanan bersama.
Pengisian lebih merata: Dengan turun dari motor, kita dapat memastikan bahwa bensin terisi secara merata ke seluruh bagian tangki.
Pencegahan tumpahan: Posisi yang tegak memungkinkan kita untuk mengawasi proses pengisian dan mencegah terjadinya tumpahan bensin

"Kebiasaan turun dari motor saat mengisi bensin adalah tindakan yang sangat penting untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dengan mematuhi peraturan keselamatan yang ada, kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan atau kebakaran di SPBU" ujar Bonny.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK