NEWS
DETAILS
Senin, 30 Oct 2023 09:13 - Honda DAW Community

Sekarang ini, motor injeksi produksi Honda dibekali lampu khusus yang dikenal dengan MIL (Malfunction Indikator Lamp). Jika terjadi masalah pada sistem injeksi motor Honda, maka MIL memberikan peringatan dengan menyala dan berkedip. Adapun kode MIL Honda yakni sebagai berikut.

 

Diketahui, lampu MIL ini berguna sebagai indikator jika terjadi kerusakan dibagian sistem injeksi motor. Nah, berikut ini daftar kode MIL Honda yang perlu diketahui. Simak baik-baik!

 

1. Kedip 1 Kali

Jika MIL kedip sekali, itu artinya terjadi kerusakan dibagian sensor MAP. Kerusakan tersebut diketahui karena MIL berkedip hanya sekali.

 

2. Kedip 7 Kali

Jika MIL berkedip 7 kali, itu artinya terjadi masalah dibagian sensor  ECT atau EOT.

Penyebab hal ini yakni rangkaian sensornya yang tak berfungsi atau adanya Intermitten Failure (putus sambung). Ini menyebabkan mesin motor cepat panas.

 

3. Kedip 8 Kali

Kode MIL kedip 8 kali, itu artinya terjadi masalah dibagian sensor TP. Hal ini biasanya terjadi disebabkan oleh sensor atau rangkaiannya yang tak berfungsi atau bisa juga karena kontak longgar pada bagian konektor unit sensor. Ini menyebabkan bahan bakar boros, akselerasi tak berjalan dengan baik, dan mesin kerap mati.

 

4. Kedip 9 Kali

Kode MIL kedip pendek 9 kali, itu artinya terjadi masalah dibagian intake air temperature. Ini mirip dengan kode MIL sebelumnya, biasanua penyebabnya kerena sensor atau rangkaiannya yang tak berfungsi atau kontak longgar dibagian konektor unit sensor.

 

5. Kedip 11 Kali

Jika MIL kedip panjang satu kali dan kedip pendek sekali, itu artinya terjadi masalah dibagian sensor VS. Hal ini disebabkan oleh sensor yang kurang baik ataupun kontak longgar dibagian konektor sensor VS. Pada motor Honda, umumnya kedipan panjang memiliki nilai 10, sedangkan kedipan pendek mempunyai nilai 1.

 

Masalah ini, bisa membuay indikator spidometer di motor tak berfungsi serta ISS juga tak berfungsi dengan baik.

 

6. Kedip 12 Kali

Kode MIL kedip panjang satu kali dan kedip pendek dua kali, itu artinya terjadi masalah dibagian injektor. Biasanya, hal ini terjadi disebabkan oleh injektor kurang berfungsi atau kontak yang tak baik dibagian konektor injektornya. Masalah ini menyebabkan mesin motor tak dapat dihidupkan. Selain itu, pompa bahan bakar, coil pengapian, dan injektornya mati.

 

Selain kode MIL Honda yang disebutkan di atas, ada juga kode MIL Honda lainnya yang pelru diketahui, di antarnya yakni MIL Kedip 21 Kali (masalah Sensor Oksigen), Kedip 29 Kali (masalah Rangkaian IACV), Kedip 33 Kali (masalah ECM), Kedip 52 Kali (masalah Sensor CKP), dan Kedip 54 Kali (masalah Sensor BAS).

RELATED
NEWS