NEWS
DETAILS
Kamis, 31 Aug 2023 19:41 - Honda DAW Community

Motor menjadi moda transportasi yang lebih lincah dibandingkan dengan mobil karena mampu menerjang kemacetan dan lebih efisien digunakan untuk keperluan jarak dekat. Tak jarang juga bagi Anda yang sudah memiliki mobil tetap melengkapi isi garasi Anda dengan memiliki motor. Seperti halnya jenis alat transportasi lain, merawat motor juga harus dilakukan dengan baik agar performanya tidak mengalami penurunan.

Sayangnya masih ada banyak pemilik motor yang hanya tahu cara mengendarainya tanpa tahu bagaimana cara merawatnya. Demi menjaga motor selalu siap dalam segala situasi dan kondisi, berikut beberapa tips merawat motor yang benar:

1. Jangan Lupa Untuk Memanaskan Mesin Setiap Akan Digunakan

Cara merawat motor pertama sekaligus yang paling gampang dilakukan demi menjaga performa motor adalah ddengan memanaskan mesin sesaat sebelum digunakan. Biasanya, cara ini dilakukan ketika pagi hari, tepat setelah semalaman mesin motor dalam keadaan mati.

Pastikan Anda memanaskan mesin motor tidak lebih dari lima menit. Sebab, jika dilakukan berlebihan hanya akan membuang bahan bakar motor secara sia-sia. Cukup sekitar lima menit saja, dipastikan mesin motor akan terasa hangat. Kemudian, biarkan suhu tersebut meningkat perlahan secara alami. Hal sederhana seperti inilah yang bisa membantu motor Anda jadi lebih awet.

Begitu juga bila motor tidak digunakan, memanaskan mesin juga perlu dilakukan. Selain menjagaa performa, juga akan membuat aki motor berumur panjang.

2. Menggunakan BBM Tinggi Oktan

Beberapa produk motor keluaran terbaru, mesin yang digunakan telah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi injeksi yang hemat bahan bakar. Supaya sistem satu ini mampu bekerja sebagaimana fungsinya, Anda disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan di atas 90. Terutama untuk motor jenis sport.

Salah satu BBM terbaik yang dapat dipilih adalah Pertamax Turbo. Produk BBM terbaik dari Pertamina ini memiliki nilai oktan sebesar 98. Jadi jangan heran, jika BBM ini mampu melakukan pembakaran mesin secara sempurna dan tidak menyisakan kerak apapun di area injector.

Harga Pertamax Turbo memang sedikit lebih tinggi dibanding beberapa jenis BBM lainya, yaitu sekitar Rp 11.200 hingga Rp 12.200 per liter. Tetapi jika Anda bandingkan dengan manfaat yang didapat, harganya akan menjadi murah. Dengan performa motor yang terjaga, Anda akan menghemat biaya service. Anda dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone untuk mengetahui bahan bakar berkualitas lainnya dari Pertamina.

3. Bersihkan Motor Secara Berkala

Cara merawat motor selanjutnya adalah membersihkan secara berkala, baik dicuci menggunakan air atau sekadar di lap dengan kain basah. Tentu saja, pembersihan seperti ini bukan hanya untuk menjaga penampilan motor supaya enak dipandang saja. Melainkan juga membersihkan kotoran yang bisa jadi menempel di area mesin ataupun kanvas rem.

Saat mencuci motor, Anda disarankan untuk menggunakan shampo khusus supaya hasilnya maksimal. Tak hanya itu, pastikan menyemprotkan air dengan kencang di bagian yang berdebu supaya tidak meninggalkan goresan ketika digosok. Pada bagian roda, bersihkan dengan sikat ekstra lembut seperti sikat gigi supaya mampu menjangkau area atau celah kecil di sekitarnya.

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci motor setelah diguyur air hujan. Pasalnya, air hujan bersifat asam yang bisa memicu karat sehingga area yang bermaterial besi lebih cepat keropos. Setelah dicuci bersih, keringkan seluruh bagian motor supaya tidak meninggalkan bercak putih. Lapisi juga dengan cairan silikon agar tampak lebih mengilap.

4. Jangan Biarkan Motor Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Ketahuilah, paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor. Bukan itu saja, sinar matahari langsung juga bisa mengubah warna body motor jadi cepat pudar dan kusam. Oleh sebab itu, usahakan mencari lahan parkir yang teduh atau tutup dengan kain supaya motor kesayangan Anda terlindungi dari paparan UV.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk merawat motor. Percayalah, perawatan rutin bisa membuat tampilan motor kesayangan jadi lebih tahan lama, mesin tidak gampang mengalami kerusakan dan performanya terjaga.

RELATED
NEWS