NEWS
DETAILS
Kamis, 31 Aug 2023 19:27 - Honda DAW Community

MEMAKAI helm ketika berkendara menggunakan sepeda motor mestinya sudah dipahami oleh pengendara, karena helm merupakan perlindungan diri apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tentunya bukan hanya aspek keamanan kepala saja, helm yang ideal biasanya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penggunanya ketika digunakan saat berkendara.

Nah, kami akan memberikan 5 tips untuk memilih helm baru yang nyaman dan aman saat digunakan. Langsung simak aja yuk artikel di bawah ini.

1. Memiliki Label SNI dan Produk Asli

Produk yang berlabel SNI tentunya telah memenuhi standar kelayakan untuk digunakan di wilayah Indonesia. Pastikan helm incaranmu telah memiliki label ini dengan baik. Periksa dengan teliti apakah label tersebut asli atau hanya tempelan saja.

Membeli produk original dapat memberikan jaminan yang lebih ketimbang helm yang dibuat asal-asalan tanpa mempertimbangkan keselamatan pemakainya. Berbagai merek yang sudah terkenal, baik yang dijual baik di situs online resminya maupun di toko fisik yang terpercaya, bisa kamu kunjungi untuk membeli helm idamanmu.

2. Sesuaikan Dengan Ukuran Kepala

Helm yang terlalu besar dapat berakibat pada tidak stabilnya posisi helm di kepalamu, demikian juga helm yang terlalu sempit kamu pakai dapat menyebabkan kepala terasa gatal dan gerah.

Oleh karena itu, pastikan helm yang kamu incar telah sesuai dengan ukuran kepalamu, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Pastikan ketika kamu pakai, terasa nyaman dan sedikit longgar di kepalamu agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Selain itu, pastikan helm yang akan kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Tentunya, helm bogo tidak cocok untuk kamu gunakan menjelajah area perbukitan dengan motor trail. Demikian juga dengan helm full face cocok digunakan bersama dengan motor sport.

3. Memiliki Fitur Keamanan Lebih dan Visor Anti Silau

Helm dengan fitur anti maling tentunya dapat membuat kamu tidak perlu merasa was-was ketika meninggalkannya di bagasi motor dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, dengan fitur ini, dijamin maling kapok mendekati motormu lagi untuk mencuri helm kesayanganmu.

Agar kenyamanan penglihatanmu tetap terjaga selama berkendara baik di siang hari maupun malam hari, sebaiknya pilih helm yang memiliki kaca bening agar malam hari tidak menyulitkan untuk melihat dan kaca hitam seluas area mata untuk menghindari silaunya terik matahari di siang hari.

4. Periksa Bahan Penyusun Helm

Kamu bisa mengetuk-ngetuk helm yang kamu incar untuk mengetes kekuatan material penyusun helm tersebut. Pastikan area helm bagian atas terasa kokoh sehingga mampu menahan berbagai guncangan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, area helm di bagian telinga yang elastis namun tetap kuat tentunya mampu memberikan perlindungan yang maksimal kepada telingamu ketika kamu mengalami hal yang sebaiknya tidak pernah terjadi.

5. Busa dan Jahitan Kain yang Rapi dan mudah dibersihkan

Tekan busa helm incaranmu untuk memastikan kenyamanannya ketika kamu gunakan nanti dalam jangka waktu yang lama. Pastikan busanya empuk sekaligus dapat bertahan lama meskipun dicuci secara rutin.

Selain itu, jahitan kain pada helm yang rapi menandakan jika produk tersebut dibuat sedetail mungkin untuk kenyamanan dan keamanan pemakainya. Bahan kain yang mudah dibersihkan juga bisa kamu pertimbangkan agar tidak kesulitan untuk mengatasi jika ada noda yang melekat.

RELATED
NEWS