NEWS
DETAILS
Selasa, 31 Jan 2023 07:11 - Honda DAW Community

Seperti yang sudah kita ketahui, sepeda motor dikenal sebagai salah satu kendaraan yang sangat Tangguh dalam melewati berbagai medan jalan yang berbeda-beda baik di daerah pedesaan, jalan raya, pegunungan, serta baik di jalan yang bergelombang maupun gang yang sempit. Para pengguna jalan khususnya para pengendara sepeda motor yang menggunakan motornya sebagai kendaraan bepergian sehari-hari tentunya akan menemukan jalan-jalan yang sempit ketika berkendara. Ketika mengendarai sepeda motor di jalan yang sempit maka tingkat kesulitan dalam berkendara pun menjadi harus lebih fokus dan berhati-hati. 

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara sepeda motor di jalan yang sempit! Yuk, disimak!

  1. Selalu Di Jalur Kiri
    Usahakan posisi motor ketika berkendara di gang yang sempit berada di sisi kiri. Dengan memposisikan motor di jalur kiri, maka akan mempermudah pengendara sepeda motor lainnya yang melaju di jalan yang sama serta dari arah yang berlawanan. Penggunaan jalur kiri adalah keputusan yang sangat bijak bagi para pengendara sepeda motor.
  2. Perhatikan Jarak Kendaraan
    Menjaga jarak ketika berkendara adalah hal yang penting bagi keselamatan pengendara maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya. Berbagai bentuk jalan yang mengharuskan pengendaranya untuk menjaga jarak adalah jalan yang seperti turunan, tanjakan dan belokan. Dengan selalu memperhatikan jarak berkendara maka akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan motor yang disebabkan oleh tabrakan.
  3. Mendinginkan Sistem Pengereman 
    Apabila kendaraan berhadapan dengan jalanan yang sempit, tanjakan, turunan ada baiknya pengendara mendinginkan kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan motor. Berdasarkan beberapa kasus yang terjadi, apabila tidak mendinginkan sistem pengereman maka rem nya dapat terbakar dan membuat fungsi pengereman menjadi terganggu serta membuat rem menjadi blong.
  4. Kontrol Kecepatan Berkendara
    Banyak hal-hal yang dapat terjadi apabila pengendara menghiraukan informasi yang satu ini. Mengontrol kecepatan adalah hal yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan khususnya yang melewati jalan sempit. Dengan mengontrol kecepatan, maka pengendara akan selalu aman melewati jalan yang sempit.
  5.  Hindari Jalan yang Sempit
    Umumnya jalan yang sempit itu mendapatkan penerangan yang minim, sehingga jarak pandang pengendara pun menjadi terbatas. Maka dari itu pastikan kendaraan mempunyai lampu sepeda motor yang baik atau sesuai standarnya.
RELATED
NEWS