NEWS
DETAILS
Senin, 31 Oct 2022 08:36 - Honda DAW Community

Gunakan teknik yang benar agar tubuh tidak mengalami cedera.

Yang namanya bersepeda motor sudah pasti memiliki risiko dalam setiap kegiatan berkendara.

Namun risiko tersebut bisa diperkecil dengan menguasai teknik berkendara sepeda motor yang benar.

Setiap pengendara alangkah baiknya memahami teknik dasar berkendara.

Pengendara harus waspada terhadap potensi bahaya yang terjadi saat menunggangi sepeda motor di jalan raya karena kecelakaan bisa saja terjadi tanpa diduga.

Saat bersepeda motor tentunya akan muncul berbagai macam kemungkinan, salah satunya adalah motor terjatuh, baik dalam keadaan saat dikendarai ataupun sedang parkir.

Setiap sepeda motor memiliki beban berat yang berbeda-beda, motor yang lebih besar atau motor gede (moge) tentu memiliki bobot yang jauh lebih berat dari motor lainnya."

"Dalam keadaan terjatuh kita tidak boleh mengangkat motor dengan menggunakan cara yang salah, karena bisa berakibat fatal bagi tubuh kita

Hal pertama yang paling mudah untuk mendirikan sepeda motor adalah dengan meminta bantuan kepada orang sekitar sehingga akan mempermudah kita dalam mendirikan motor tersebut.

Namun apabila dalam keadaan terdesak dan tidak ada siapa-siapa di sekitar kita, maka kita harus mendirikan motor yang jatuh menggunakan tubuh kita sendiri.

Apabila motor terjatuh ke sebelah kiri, maka yang harus dilakukan pertama adalah mengecek roda belakang apakah sudah terkunci atau belum, jika belum kita bisa menarik atau menginjak tuas gigi untuk dimasukan ke gigi 1 sehingga roda akan terkunci.

Tahap kedua adalah mengangkat motor menggunakan bagian bokong atas yang disandarkan pada jok motor.

Kemudian tangan kanan memegang setang dan tangan kiri memegang behel motor atau bodi motor bagian belakang dengan lurus.

Jika posisi sudah siap yang bertugas mendorong motor untuk berdiri adalah kaki. Setelah motor berdiri, segera turunkan standar samping motor.

Sementara apabila motor terjatuh ke sebelah kanan, maka pertama-tama kita harus menurunkan standar samping dan untuk tahap selanjutnya pengendara dapat melakukan teknik yang sama ketika motor terjatuh ke sebelah kiri.

Otot yang bekerja penuh ketika membangunkan motor adalah kaki, kita harus memastikan bahwa punggung kita dalam keadaan lurus, karena apabila berada dalam posisi yang salah akan membuat punggung kita sakit atau bahkan cidera.

Hal yang paling penting ketika motor terjatuh adalah pengendara tetap tenang dan jangan panik. Utamakan untuk menyelamatkan diri terlebih dahulu setelah itu baru menyelamatkan motor.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK