NEWS
DETAILS
Sabtu, 30 Jul 2022 09:13 - Honda DAW Community

Bagi kamu yang setiap hari menggunakan motor sebagai alat transportasi, seharusnya sangat familier saat mendengar kata gear motor. Komponen itu sangat penting bagi motor. Kamu sebagai pemilik motor juga harus memperhatikan, sekaligus merawat gear motor secara berkala.

Sepenting apakah fungsi Gear motor? Berikut beberapa fakta terkait fungsi gear motor yang akan membuat tunggangan kamu melaju dengan optimal.

Gear Motor Sebagai Penggerak Roda

Fungsi utama gear motor, sebagai penggerak dari roda. Pabrikan memproduksi motornya menggunakan sistem penggerak roda belakang, karena dianggap paling efisien untuk kendaraan yang cuma punya dua roda saja seperti motor.

Fungsi gear motor kurang lebih sama seperti gear sepeda, berguna untuk menggerakkan roda belakang pada sepeda motor. Jadi, tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui gear dan rantai motor. Tanpa adanya gear tersebut, motor kamu tidak dapat berjalan.

Penyeimbang Roda Belakang

Mungkin fungsi yang satu ini kurang dipahami oleh banyak orang. Sebenarnya gear belakang pada sepeda motor juga berfungsi untuk menyeimbangkan roda belakang sepeda motor, terutama ketika berakselarasi. Hal ini dapat dibuktikan ketika bagian gear belakang berada dalam keadaan tidak center atau tidak lurus. Efeknya laju motor seperti tersendat-sendat dan sepeda motor kamu akan terasa seperti bergoyang ketika kabel gas ditarik kencang.

Menyalurkan Engine Brake

Bagi kamu yang sering berkendara dengan menggunakan sepeda motor pada medan cukup berat, tertuma perbukitan, fungsi gear bisa menjadi penyalur engine brake. Saat menuruni jalan yang memiliki kontur turunan tajam, kamu bisa melakukan perpindahan gigi untuk membantu pengereman motor. Terkadang menggunakan rem saja tidak kuat maka dibantu oleh engine brake yaitu memindah posisi gigi ke tingkat rendah untuk menahan laju motor yang disalurkan gear set.

Menyalurkan dan Mengatur Pasokan Tenaga

etika kamu ingin mengotak-atik performa sepeda motor, selain setingan mesin maka gear set juga harus diubah untuk mendapatkan pasokan tenaga yang berbeda. Gear set pada sepeda motor menggunakan ukuran mata gear yang berbeda-beda. Kombinasi dari ukuran mata gear, baik gear depan (engine sprocket) dan juga gear belakang (rear sprocket) ini akan menghasilkan sebuah tenaga yang berbeda-beda serta panjang atau pendeknya jarak perpindahan gear saat mesin digeber.

Pabrikan telah menghitung standar perbandingan rasio dari kedua buah gear. Cara menghitungnya adalah jumlah mata gear belakang dibagi dengan jumlah mata gear depan. Hasil pembagian itu, misalnya 2.987 adalah jumlah rasio final gear pada sepeda motor kamu. Yntuk memperoleh sebuah rasio yang lebih kecil, maka anda bisa mengganti gear belakang dengan ukuran mata yang lebih kecil, atau mengganti mata gear depan dengan lebih besar, sehingga nantinya ketika dihitung, rasio akan menjadi lebih kecil dari rasio final gear standar.

Rasio final gear yang lebih kecil daripada rasio standar, akan membuat sepeda motor memiliki jeda yang lebih panjang, sehingga membuat kamu tidak perlu terburu-buru melakukan perpindahan gigi, namun menurunkan akselarasi. Sebaliknya, rasio final gear yang lebih besar akan mengurangi jeda transmisi gigi motor kamu, namun akan meningkatkan tarikan mesin.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK