NEWS
DETAILS
Selasa, 30 Nov 2021 09:21 - Honda DAW Community

Nama resminya adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit. Mempunyai panjang lintasan 4,31 km. Dihiasi total 17 tikungan. 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Lokasinya di Desa Kuta, Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat. Terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika).

Sirkuit Mandalika terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan balap WSBK putaran ke-13 yang berlabel Pirelli Indonesian Round. Ini merupakan seri penutup WSBK 2021 pada 19-21 November 2021.

Seminggu sebelumnya, ajang Asia Talent Cup putaran ketiga juga dihelat di sirkuit ini. Sebuah balapan yang digelar oleh Dorna untuk mencari bibit pebalap muda dari wilayah Asia.

Putaran ketiga Asia Talent Cup digelar tanggal 12-14 November 2021. Sebanyak 6 pebalap Indonesia akan bertarung di kejuaraan yang menggunakan motor Honda NSF250R.

Enam pebalap muda ini adalah binaan Astra Honda Motor. Terdiri 4 pebalap reguler yang sudah mengikuti balapan sejak putaran pertama dan kedua di Qatar. Ditambah dengan 2 pebalap berstatus wild card. 

Selain bakal menggelar ajang balap motor WSBK, Sirkuit Mandalika juga masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022.

Dilansir dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika bakal menggelar balapan GP Indonesia pada 20 Maret 2022, setelah GP Qatar pada 6 Maret.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga dijadwalkan menjadi tempat tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022.

Banyak faktor yang membuat Sirkuit Mandalika terpilih menjadi tuan rumah WSBK dan masuk kalender sementara MotoGP.

Salah satunya, kualitas aspal Sirkuit Mandalika digadang-gadang sebagai salah satu aspal terbaik di dunia saat ini. Menggunakan teknologi aspal terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Sirkuit Mandalika juga dipersiapkan menampung luapan penonton. Total kapasitas yang tersedia hingga 200.000 penonton. Dengan pembagian sebagai berikut : 50.000 penonton duduk, 138 penonton berdiri, dan 7.700 penonton di area VIP.

Selain itu, Sirkuit Mandalika dibangun di salah satu dari empat destinasi wisata unggulan. Sirkuit Mandalika dihiasi dengan panorama lautan Lombok yang sudah terkenal dengan  keindahannya. Sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan macanegara sembari menikmati balapan berkelas dunia.

Itulah salah satu tujuan dibangunnya sirkuit di Mandalika. Selain menghidupkan dunia otomotif, juga berpotensi untuk pengembangan wisata dan menghasilkan devisa bagi negara.

Kehadiran sirkuit Mandalika jelas menguntungkan bagi tim-tim balap di Indonesia. Khususnya tim yang aktif berjuang di balapan luar negeri. Salah satunya, Astra Honda Racing Team, sebagai tim balap yang aktif mengirimkan pebalap muda di ajang Internasional seperti Asia Talent Cup, ARRC dan Moto3 di MotoGP.

Dengan masuknya Sirkuit Mandalika di kalender ATC, memberi kesempatan pada pebalap AHRT untuk mengasah skill balapnya di sirkuit. Guna menghadapi kompetisi balapan Asia ini. Begitu pun jika Sirkuit Mandalika telah resmi sebagai sirkuit MotoGP, maka potensi pebalap Indonesia bisa menjadi raja di kandang sendiri sangat besar. 

Terlebih, di tahun 2022 nanti, Astra Honda Racing Team sudah mengirimkan Mario Suryo Aji untuk berkompetisi penuh di kejuaraan dunia Moto3 bersama Honda Team Asia. Mario mempunyai waktu lebih banyak untuk beradaptasi dengan sirkuit ini.

Foto : Astra Honda Motor

Sumber : Themandalikagp

RELATED
NEWS