NEWS
DETAILS
Jumat, 31 May 2024 19:23 - Honda DAW Community

Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti! 

1. Mesin Motor Susah Menyala

Ketika busi motor sudah harus diganti kamu akan kesulitan menghidupkan mesin. Walaupun di starter, mesin akan susah hidup. Jika sudah mengalami hal ini segera periksakan motor kesayanganmu ke bengkel terdekat ya. Tapi sebelumnya kamu bisa cek juga apakah busi masih bagus atau memang sudah aus.  

Segera ganti dengan busi yang baru jika ingin motor mu kembali seperti normal. Mesin susah menyala dikarenakan busi yang sudah tidak sanggup lagi memberikan percikan api yang cukup untuk konsumsi ruang bakar. 

2. Busi Berubah Warna 

Eigerian, yuk segera ganti busimu saat kamu menemukan ujung busi atau pada bagian elektrodanya mengalami perubahan warna. Perubahan warna ini dikarenakan kinerja busi yang sudah menurun. Namun mesin motor akan tetap masih menyala. 

3. Mesin Berisik dan Bergetar

Selanjutnya tanda busi motor harus diganti adalah adanya suara mesin yang terdengar berisik. Selain berisik, mesin juga terasa bergetar. Jika kamu ingin melihat bagaimana perbedaanya, coba rasakan saat mesin pertama kali dihidupkan. 

4. Mesin Pincang

Kamu akan  merasakan mesin motor pincang jika busimu sudah tidak layak pakai. Jika motor mu punya dua silinder, kamu akan merasakan performa  busi mu menurun. Mesin motor tidak akan mampu menghidupkan dua silinder. Akibatnya hanya satu saja yang dapat melakukan proses pembakaran. Maka dari itu alasan inilah yang dinamai mesin pincang. Suara mesin pincang juga bisa mengganggu telinga. 

5. Motor Macet 

Ciri busi motor harus diganti selanjutnya adalah mesin motor yang macet. Mesin juga bisa tiba-tiba mati, namun tetap bisa dihidupkan kembali. Setelah menyala mesin motor akan kembali hidup namun kecepatan sudah menurun, dan mengganggu aktivitas dalam berkendara. Jangan sampai terlambat segera ganti busi motormu ya Eigerian. 

6. Muncul Surging Jadi Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti

Gejala berikutnya yang bisa kamu temui saat busi sudah tidak layak adalah surging pada motor. Surging adalah kondisi dimana pasokan udara dalam ruang bakar terlalu besar dari yang seharusnya. Udara ini menjadi penyebab pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak selesai dilakukan. 

7. Bagian Ujung Busi Berubah Warna

Kamu bisa mengecek ciri busi motor yang harus diganti dengan melihatnya langsung. Jika saat pengecekan kamu melihat ujung busi berubah warna, maka jelas busi motormu perlu diganti. Perubahan warnanya biasanya kemerehan-merahan dan terlihat jelas dengan mata telanjang. 

8. Penurunan Akselarsi Motor 

Busi yang sudah berkualitas akan menurunkan performa akselerasi motor. Jelas penurunan ini mengganggu aktivitas berkendara. Penyebabnya karena busi motor tidak bisa menstimulasi ruang bakar. Gejalanya akan ditandai dari motor yang kurang merespon tarikan gas. Terkadang tarikan gas akan terasa kurang bahkan tidak bertenaga.

9. BBM Jadi Lebih Boros! 

Selanjutnya kamu akan merasakan bahan bakar minyak jadi lebih boros. Ketika busi motormu sudah rusak kamu akan membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi. Penyebabnya berasal dari pembakaran mesin yang tidak sempurna. Endapan ini otomatis akan membuat bahan bakar yang digunakan pun semakin boros. Selain itu, percikan api yang dihasilkan untuk ruang bakar juga kecil sehingga mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. 

10. Hati-hati Busi Gosong

Jika kamu melihat tanda berupa gosongnya bagian ujung busi, ini berarti tandanya busi harus segera diganti. Ketika terjadi seperti ini, mesin motormu juga sudah pasti tidak bisa digunakan. Jangan ditunda, segera ganti busi baru. 

RELATED
NEWS